SELECT YOUR LANGUAGE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

PARTISI SDCARD

Halo Sobat Andromania, kita jumpa lagi.
To the point aja yah, kali ini Ane mo bahas soal PARTISI pada Sdcard. Sebelumnya Ane jelasin dulu maksud dan tujuan kenapa kita perlu bikin Partisi pada Sdcard. Mem-partisi Sdcard itu sendiri pengertiannya adalah membagi drive Sdcard jadi beberapa bagian. Seperti halnya pada Harddisk pada komputer yang biasanya terdiri dari beberapa Partisi, misalnya Drive C, Drive D, dst.

SYARAT UTAMA HH HARUS SUDAH KONDISI ROOTING

Oke, tak perlu panjang lebar. Kita langsung menuju ke TKP aja. Langkah pertama tentu saja siapkan Bahan-bahannya dulu antara lain :

1. SdCard ( kapasitas bebas, klo ada yg Class 10 )
2. Card Reader
3. Mini Tool Partition Wizard Full Version 
4. Link2sd.apk
5. Ext2.ko
6. Android Terminal Emulator


Setelah semua bahan siap, install Mini Tool Partition Wizard di komputer. Lalu langkah pertama adalah Backup dulu seluruh isi dari Sdcard Agan. Setelah itu, Format Sdcard menggunakan komputer. Lalu buka Mini Tool Partition Wizard

Cari Drive Sdcard Agan. Biasanya Disk 2. Kalo sudah ketemu klik kanan pada drive tersebut lalu klik DELETE. Setelah itu Klik kanan lagi lalu Klik CREATE. Partition Label biarkan kosong, Create As > Primary, File System > FAT32, Size And Location > 3 GB (untuk Sdcard 4 GB), lalu Klik OK
Yup, sekarang Partisi yang pertam sudah jadi dengan format FAT32.
Sekarang kita bikin Partisi yang ke 2. Caranya seperti langkah diatas. Klik kanan pada drive yang ada tanda *: yang letaknya dibawah Partisi yang pertama tadi. Klik kanan lalu pilih CREATE. Akan muncul notifikasi seperti pada gambar di bawah ini.


Klik Yes aja, lalu lakukan setting sebagai berikut: >>> Untuk Partition Label biarkan kosong, Create As > Primary, File System > Ext2, Size and Location > 486 MB, Klik OK
Selamat, Partisi ke 2 sudah jadi dengan format Ext2. Berikutnya kita bikin Partisi ke 3 (terakhir). Lakukan langkah seperti ane jelasin di atas. Klik kanan pada drive yang tersisa lalu pilih CREATE. Kemudian lakukan setting sebagai berikut >>>>> Partition Label kosongin, Create As > Primary, File System > Linux Swap, Size and Location > 256 MB, lalu Klik OK. Partisi Linux Swap ini berfungsi untuk membantu meningkatkan RAM seperti pada Linux. Ini untuk mencegah HH kehabisan memori saat menjalankan aplikasi yang mengakibatkan HH restart dengan sendirinya.
Sekarang kita sudah punya 3 Partisi setengah jadi di Sdcard. Langkah selanjutnya Klik Apply ( kiri atas ). Akan muncul Notifikasi seperti gambar di bawah

Klik Yes. Tunggu sampai semua proses selesai.

Klik OK. Semua Proses selesai. Sekarang ada 3 Partisi di Sdcard masing-masing FAT32, Ext2 dan Linux Swap. Langkah selanjutnya tutup program MiniTool Partition Wizard. Sekarang tinggal copy lagi file yang tadi udah di backup. Copykan di Partisi yang berformat FAT32 lalu pasang lagi sdcard di HH agan.

Langkah terakhir adalah MOUNT Partisi yang kita buat tadi di HH, karena secara Default, Partisi Ext2 tidak terbaca di HH. Oke langsung aja, copy Link2sd.apk dan ext2.ko di sdcard. Buka Root Eksplorer, lakukan install Android Terminal Emulator dan Link2sd.apk. setelah proses install selesai klik DONE. Jangan jalankan dulu 2 aplikasi tersebut. Masih di Root Explorer, copykan ext2.ko di system/lib/modules. Kalo ada notifikasi, klik pada Mount R/W (sebelah atas). Setelah itu keluar dari Root Explorer, buka Terminal Emulator, lalu pada Terminal Emulator ketik su > enter, lalu ketik insmod system/lib/modules/ext2.ko > enter, terakhir ketik Reboot > enter. HH akan melakukan Restart. Setelah HH hidup lagi, buka aplikasi Link2sd, akan muncul notifikasi, pilih Ext2 > Ok. Jika muncul notifikasi lagi, klik Quick Reboot. HH akan melakukan restart lagi. Setelah HH hidup, jalankan lagi Link2sd. Sekarang Agan bisa melakukan Link aplikasi yang terinstall di sdcard ke Partisi Ext2, selain itu Agan juga bisa melakukan Link Dalvic-Cache ke Ext2 sehingga beban memori Internal berkurang.





Tampilan Storage Info nya kayak gini.
Oke dah, selamat mencoba bereksperimen. DWYOR





43 comments:

FAUZAN said... [Balas]

gan..
blh gk aq mnta contact nyaa...

pgn pny tmen yg sama2 make hh ini gan..plisssss

Regi Pamungkas said... [Balas]

@FAUZAN Gabung di forum Kaskus aja Gan. Atau klo agan butuh bantuan, kirim aja email ke regipamungkas@gmail.com

abuarsyad said... [Balas]

ane jg sdh pake link2sd gan tp untuk partisi kedua ane ga pake ext2 tp pake fat32 jd gaperlu nambah modul sdh bisa lgsg dimount. Alhamdulillah work fine, no problem! yg bln belum nemu solusinya untuk nambah memori (baca: ram) internal gan. biasanya sih ane pake partisi swap tp sayang a8t kernelnya ga support swap partition.

Regi Pamungkas said... [Balas]

@abuarsyad Sip gan, bisa jadi alternatif bagi yang pengin partisi sdcard.

Aditya Yoga said... [Balas]

gan , kl mmc 8gb pembgian memorinya gmna,, trus kl yang buat nmbah ram dibkin besar gmna?

Regi Pamungkas said... [Balas]

@Aditya Yoga Untuk ext2 bikin 500 mb dah cukup gan, coz untuk aplikasi yg di link jgn melebihi besarnya RAM HH. Untuk partisi linux swap 256 mb ane rasa dah cukup

Anonymous said... [Balas]

gan udah tak tulis gini insmod system/lib/modules/ext2.ko trus enter malah muncul system/lib/modules/ext2.ko=not found
gimana ini gan?

Regi Pamungkas said... [Balas]

@Anonim file ext2.ko taruh dulu di system/lib/modules/ baru jalankan perintah itu

alexsyam said... [Balas]

gan, udah smua dilakukan dgn cara sperti agan step2nya... pas ter akhir buka app2sd ad ijin dr super user di ok'in... tpi ada tulisan EXT2 NOT MOUNTED. udah diulang2 beberapa kali tetap hasilnya EXT2 NOT MOUNTED. gmna pencerahanya gan!?

Regi Pamungkas said... [Balas]

@alexsyam pakai link2sd.apk gan. sebelumnya install dulu link2sd di alapante, lalu buka terminal, ketik su > enter, insmod system/lib/modules/ext2.ko > enter, reboot > enter. Alapante akan reboot. setelah itu jalankan aplikasi link2sd, pilih ext2. lalu muncul notifikasi lagi, klik Quick Reboot. lalu coba buka lagi aplikasi link2sd nya

Anonymous said... [Balas]

cara sperti itu dah be2rapa kali di coba... tpi gagal maning.. ada tulisan "ext2 partition can not be mounted, make sure you create ext2 partitionand have root access".
p-dhal dah diroot & dibuat 3partisi. mungkin m card nya yg biasa bukan yg bagus... (v-gen)

Regi Pamungkas said... [Balas]

@Anonim Iya gan, sdcard sebisa mungkin yg class 10

Anonymous said... [Balas]

Nek ngono gak iso2 MMC copot sik terus pasang neh. reboot hh. ngonaku tak coba ngono iso..

RealRE said... [Balas]

ane baru dalam al ginian, pas terminal ketik : insmod system/lib/modules/ext2.ko (enter) g ada nofikasi lanjutan sukses apa gagal, ketik : reboot langsung reboot tapi ext2 g mo di mount terpaksa ane ganti fat32 baru mau, efeknya sama saja kan? maklum nubi

Regi Pamungkas said... [Balas]

@RealRE gak da notifikasi brarti sukses mount gan. pake fat32 sama aja

Anonymous said... [Balas]

gan : can;t open 'sytem/lib/modules/ext2.ko
trus gimana gan :)
mohon petunjuk :)

Regi Pamungkas said... [Balas]

@Anonim ext2.ko di copykan dl di system/lib/modules baru jalankan perintah menggunakan terminal emulator atau adb

Anonymous said... [Balas]

maaf gan mau tanya , ada room custom ngak ya :)
kalo ada shared ya , makasih tutornya sangat bermanfaat :)

aa_pi said... [Balas]

ko partisi SdCard kga kebca d.laptop ya gan.

Regi Pamungkas said... [Balas]

@Anonim Dalam proses upload gan, ntar pasti ane share

Regi Pamungkas said... [Balas]

@aa_pi Maksud agan partisi yang ext2 ya? liatnya pake mini tool partition wizard gan, ntar keliatan semua partisi yang ada di sdcard agan

abdee demak said... [Balas]

gan code serial key dimana

abdee demak said... [Balas]

terminal emulator enter bagaimana

abdee demak said... [Balas]

ext2 not found gan...mhon pencerahan

danker doank said... [Balas]

gan,ane udah sukses smua,trim's atas tutor nya,hh ane cross a8t dan udah berhasil root gan,tpi ane ada 1 masalah ni gan,linux swap ane gak fungsi,kalau kehabisan ram mesti restart.mhon pencerahan nya gan.trim

Dorrie said... [Balas]

bisa kasih contoh merk memory kelas 10 nya gan.

danker doank said... [Balas]

klu ane pake 8 gb class 10 merk gewin.

Endra Gunawan said... [Balas]

Thks gan,, Ane nyari kemana-mana gak ketemu,, Tapi di sini kasi turitorial lengkap,,, Semoga lancar terus postingnya buat bimbing yang masih awam

Regi Pamungkas said... [Balas]

@Endra Gunawan Gabung di Forum FB aja gan. di http://www.facebook.com/groups/123896937766342/

Tenk Still A Sinner said... [Balas]

gan mhon bantuannya ...saat buka terminal emulator dan mengetik su tanda string ($) berubah jadi pager lagi (#) dan saat masukan insmod system/lib/modules/ext2.ko hasil nya malah failed.......kenapa ya??? mhon bantuannya

Regi Pamungkas said... [Balas]

@Tenk Still A Sinner file ext2.ko udah di taruh di system/lib/modules/... pa blm gan?

Regi Pamungkas said... [Balas]

MOHON MAAF UNTUK AGAN SEMUA KLO BALASAN KOMENTAR TELAT LAMA KARENA SUATU KESIBUKAN YANG NGGA DAPAT ANE TINGGAL

Anonymous said... [Balas]

gan regi
ni abis di partisi kok gk bisa kebaca ya setelah di partisi??klo di masukin lewat card reader minta di format terus...ada pencerahan gk???

Anonymous said... [Balas]

maaf gan, tp ext.ko ga mau dicopy di modules...
"you cannot paste here because the file system is read-only"

Nothing said... [Balas]

bro ko ada tulisan format error pas masukin perintah insmod system/lib/modules/ext2.ko ? format error. apa yah masalahnya ? nah kalo dibuka di mini tool partition ext2 sama linux swapnya jadi unmounted lagi ? apa yang salah yah ?

blog.myusril said... [Balas]

Gan, ane sdh install partisi di HH ane sesuai dgn step2 yg diberikan, dan sukses. Terima kasih. Persoalannya sekarang, setelah diloading dgn program2, HH ane sering restart, terutama jika GPRS-nya diaktifkan. Kira2 kenapa ya gan? Dan bgmn mengatasinya? Help dong..

Anonymous said... [Balas]

gan, punya ane kok tulisannya "reboot not found"
padahal langkahnya uda ngikuti petunjuk diatas...
kira-kira yang kurang apa ya...

Tutorial Blog dan SEO Untuk Pemula said... [Balas]

Gan file Android Termina Emulator Terinfeksi Virus di browser saya,,, gimana carnya, apakh file itu memang virus apa saya harus mematikan antivirusnya dulu? mohon penecerahanya...

Vingki Deni Widyamanora said... [Balas]

gmna gan, klau isi sehabis buka link2sd memasang skript salah

Anonymous said... [Balas]

mau nanya, gmana klo stelah sy ENTER insmod system/lib/modules/ext2.ko malah muncul "failed (operation not permitted)" langkah2 sudah sy lakukan dgn tepat. mohon jawabannya. :)

Purbo Sutasoma said... [Balas]

ada fb gan?ane mw tanya ttg ini..thanks

Arbie Fumi said... [Balas]

kalau sdext2 gak kedeteksi di root explorer gimana solusinya gan..

Ari said... [Balas]

kayaknya file ext2.ko ke corrupt deh soalnya pas setelah taroh di file modules tetap aja cannot found setelah pakai Terminator terus file ext2.ko pas dibuka texnya kok bahasa jepang -_-

Post a Comment

 
© 2009 Blog-nya Regi Pamungkas | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan